Sudahkah Perpustakaan Anda Menggunakan SLiMS? Sistem Perpustakaan yang Canggih dan Open Source



Tampilan depan SLiMS

Dalam beberapa kesempatan, saya mendapatkan kondisi dimana masih ada perpustakaan yang belum menggunakan sistem untuk mengelola berbagai macam proses didalam perpustakaanya, ada juga perpustakaan yang rela merogoh kocek cukup besar untuk membeli software kepada vendor. Bukanya semua hal tersebut salah, tetapi ada ko sistem perpuatakaan yang canggih dan kompleks yang bisa didapatkan dengan gratis karena lisensinya Open Source dan didukung oleh komunitas yang banyak, software tersebut adalah SLiMS.

 

Apa Itu SLiMS?

SLiMS yang merupakan kependekan dari Senayan Library Management System, adalah perangkat lunak sistem manajemen perpustakaan (library management system) sumber terbuka yang dilisensikan di bawah GPL v3. Aplikasi web yang dikembangkan oleh tim dari Pusat Informasi dan Humas Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia ini dibangun dengan menggunakan PHP, basis data MySQL, dan pengontrol versi Git. Pada tahun 2009, Senayan memenangi INAICTA 2009 untuk kategori open source. (Sumber: Wikipedia)

 

Dimana dan Bagaimana Caranya Agar Saya Bisa Mendapatkan SLiMS?

SLiMS bisa langsung diunduh dari website resminya yaitu https://slims.web.id/web/

Dan untuk puligin-plugin tambahannya bisa diunduh di website https://slims.web.id/goslims/

 

Apa Saja yang Ada dan Bisa digunakah di SLiMS?

Seperti yang sudah saya sebutkan di judul, SLiMS adalah sistem perpustakaan yang canggih, karena dibuat sesuai dengan kebutuhan perpustakaan dan didukung oleh komunitas yang sangat banyak. SLiMS juga sekarang sudah masuk versi 8.3, yang mana sudah mempunyai modul-modul perpustakaan yang sangat kompleks. Jadi, hampir semua kebutuhan sistem perpustakaan sudah tersedia didalam SLiMS.

The Power of Open Source

 

Apakah SLiMS Bisa diintegrasikan dengan Sistem Informasi Akademik atau Sistem Sekolah?

Jawabannya adalah sangat bisa, SLiMS dengan lisensi GPL 3 nya mengizinkan semua penggunanya untuk mengembangkan sesuai dengan kebutuhan, sebagai contoh yang telah saya lakukan adalah mengintegrasikan SLiMS di Perpustakaan UMMI dengan Sistem Informasi Akademik dan Keuangan Universitas Muhammadiyah Sukabumi (SIAK UMMI) pada tahun 2017 lalu.

Kini di Perpustakaan UMMI tidak ada lagi proses input data keanggotaan manual untuk level mahasiswa, karena semua data mahasiswa sudah diambil dari SIAK UMMI. Mahasiswa yang login ke SLiMS juga akunnya menggunakan akun SIAK.

 

Sampai disini, sudah ada gambaran kan tentang kecanggihan SLiMS ini? 
Bagi yang kesulitan ketika ingin mulai menggunakan SLiMS untuk perpustakaannya atau ada kendala dengan SLiMS yang sedang digunakan atau bahkan ingin dilakukan pengembangan seperti penambahan fitur-fitur baru dan pengintegrasian dengan sistem informasi kampus/sekolahnya, bisa meghubungi kami.


Email : sukabumikode@gmail.com

WhatsApp: 0816 7424 69