Integrasi SLiMS dengan Sistem Informasi Akademik Kampus UMMI



Halaman login khusus mahasiswa di SLiMS yang mengunakan akun SIAK

Integrasi Senayan Library Management System (SLiMS) dengan Sistem Informasi Akademik (SIAK) sangatlah mungkin dilakukan, dan proses ini sudah saya implementasikan di kampus Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) pada tahun 2017 lalu.


 


Baca juga : Kartu Anggota dari SLiMS Dijadikan Kartu Anggota Mahasiswa (KTM) untuk Kampus UMMI

Berawal dari informasi bahwa perpustakaan UNSIYAH Aceh yang telah lebih dulu mengintegrasikan SLiMS degan sistem informasi akademiknya, akhirnya sayapun berusaha untuk mencari cara supaya SLiMS di kampus tempat saya bekerja pun bisa terintegrasi dengan SIAK.


 


Beberapa perancangan pun mulai dibuat, hingga akhirnya mendapat saran dari salah satu anggota komunitas SLiMS di telegram (tapi saya lupa namanya) tentang alur proses pengintegrasian dua biah sistem ini.


Baca juga : Sudahkah Perpustakaan Anda Menggunakan SLiMS? Sistem Perpustakaan yang Canggih dan Open Source

 


Alur tersebut adalah:



  1. Buat sebuah Applocation Programming Interface (API) login di SIAK,

  2. API login tersebut di consume oleh slims menggunakan cURL.

  3. Baca juga : Pembuatan Host to Host (H2H) untuk Pembayaran Mahasiswa Kampus UMMI Melalui BSM

  4. Begitu mahasiswa login ke SLiMS, oleh sistem diarahkan pengecekan ID + password nya ke SIAK, apabila sesuai maka diberikan respon berhasil disertai data profil mahasiswanya, dan apabila gagal maka diberikan respon gagal.

  5. Seandainya mendapat respon berhasil dari API login SIAK, maka di SLiMS dilakukan pengecekan ke database anggota SLiMS apakah mahasiswa tersebut terdaftar ataukah belum, apabila belum terdaftar maka dilakukan proses insert data yang dari SIAK kedalam database anggota di SLiMS. Namun apabila data mahasiswa sudah terdaftar, maka langsung dilakukan pembuatan sesiion login.


 


Hasil proses integrasi SLiMS dengan SIAK Kampus UMMI bisa dilihat dihalaman ini: https://opac-perpustakaan.ummi.ac.id/index.php?p=mahasiswa 


 


Dengan selesainya proses integrasi SLiMS dengan SIAK ini, maka mulai tahun 2018 lalu suda tidak ada lagi proses input data mahasiswa ke SLiMS yang dilakukan oleh pustakawan, karena semua data mahasiswa sudah sepenuhnya diambil dari data SIAK.


 


Selain itu, di kampus UMMI juga sudah dilakukan proses integrasi SLiMS dengan Kartu Anggota Mahasiswa (KTM) yang dikelola oleh Bagian Kemahasiswaan, sehingga KTM dengan kartu anggota perpustakaan sudah tergabung, dan yang pasti, pustakawan tidak perlu lagi melakukan pemotretan terhadap mahasiswa untuk di kartunya.


 


Sekian informasi seputar pengintegrasian SLiMS dengan sistem informasi akademik, mohon maaf karena ini buka tutorial sehingga tidak ada kodingan yang saya sertakan disini.


 


Apabila ada yang hendak ditanyakan terkait proses integrasi SLiMS dengan SIAK ini, atau sekiranya ingin mengintegrasikan SLiMS dengan sistem informasi di sekolah atau kampusnya, bisa hubungi kami langsung lewat email sukabumikode@gmail.com atau lewat WhatsApp 0816 7424 69 (Ruswan).