Backup Otomatis PostgreSQL di Linux



PostgreSQL

Bagi para pegiat opensource, PostgreSQL merupakan salah satu database yang sering digunakan untuk menampung data-datanya. Selain karena gratis tetapi juga karena kehandalannya dalam menampung data sekalipun datanya itu sudah sangat banyak.



Baca juga : Cara Menghapus (Uninstall) PostgreSQL dari Ubuntu


 



Baca juga : Backup Otomatis PostgreSQL di Linux


Di kampus tempat saya bekerja saat ini yaitu Universitas Muhammadiyah Sukabumi menggunakan database PostgreSQL sebagai database untuk sistem utamanya, yaitu Sistem Informasi Akademik (SIAK). Dari pertama kali SIAK ini dibangun yaitu tahun 2012 sampai dengan saat ini (tahun 2018)  alhamdulillahbelum pernah sekali pun database SIAK mengalami kerusakan. 





Untuk menjaga data supaya tetap aman maka dulakukan pencadangan / backup secara teratur, khusus untuk SIAK ini saya setup supaya melakukan bacup otomatis sebanyak dua kali dalam sehari, adapun waktunya tidak bisa saya sebutkan disini dengan alasan keamanan.




 



Baca juga : Membuat, Mengubah, dan Menghapus User PostgreSQL di Terminal Ubuntu


Karena server dari database SIAK ini menggunakan debian server (linux), maka saya menggunakan crontab untuk menangani proses backup ini. Berikut adalah tutorial backup otomatis PostgreSQL pada linux dengan crontab.


 


1. Persiapan Folder Penyimpanan


Buat Sebuah Folder untuk Menyimpan Hasil Dari Proses Backup, lalu rumah permisionnya menjadi 777 supaya bisa menambahkan file baru.


 



 


 


2. Pembuatan Crontab Auto Backup


Buka crontab sebagai Super User dan masukan rerintah dibawah ini untuk membackup otomatis, misal kita mau membackup database siak dengan nama db_siak lalu menyimpannya kedalam folder /home/ruswan/data_backup/, lalu tambahkan script dibawah ini kedalam baris akhir pada crontab.


 


#backup siak setiap jam 22:00 00 22 * * * sudo su postgres -c 'pg_dump -Fc -f /home/ruswan/data_backup/ siak`date +"\%Y-\%m-\%d"` _malam.sql db_siak'


 


Sehingga hasilnya menjadi seperti ini:


 



 


 


3. Selesai, Tinggal Tunggu Hasilnya


Kalau berhasil, makan akan ada file seperti ini:


 



 


 


Sekian tutorial tentang cara backup otomatis PostgreSQL dengan menggunkan crontab di linux, semoga bermanfaat dan bisa diikuti, mohon maaf apabila ada kekurangan dalam penyampainan penjelasan dan apabila ada yang mau ditanyakan silahkan tuliskan di kolom komentar.


 


 


Keyrowd:


backup otomatis postgresql, auto backup postgresql database linux, backup database postgresql ,postgresql auto backup ubuntu, crontab postgresql backup