Cara Install Eprints di Debian/Ubuntu



Cara Install Eprints di Debian/Ubuntu

Eprints adalah sebuah software opensource untuk membangun repositori, dan menurut pengalaman saya, Eprints dalah software Institutional Repository (IR) yang paling banyak digunakan, karena penggunaannya cukup mudah dan juga cepat terindex oleh mesin pencari (search engine) baik mesin pencari umum (seperti Google) ataupun mesin pencari khusus dunia pendidikan (seperti BASE, ROAR, Indonesia Onesearch, dan yang lainnya). Salah satu contoh penggunaannya adalah seperti di http://eprints.ummi.ac.id.


Di postingan kali ini saya akan sedikit berbagi informasi mengenai cara instalasi eprints pada sistem operasi Ubuntu, dan cara ini juga bisa digunakan dalam sistem operasi Debian. Berikut adalah langkah-langkahnya:


1. Perbaharui Package

Buka file /etc/apt/sources.list menggunakan text editor seperti Vim, Nano dan yang lainnya sebagai pengguna utama (sudo). Lalu tambahkan baris berikut dibagian paling bawah, setelah itu simpan.

  deb http://deb.eprints.org/stable ./ 

2. Install EPrints beserta dependencies nya

Untuk menginstal EPrints dan semua dependensinya, silahkan jalankan perintah berikut sebagai pengguna root:

$ wget -O - http://deb.eprints.org/keyFile | apt-key add -
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install eprints

3. Buat Sebuah Repositori dan Aktifkan Virtual Host Apache-nya

   sudo su
 su eprints
 cd /usr/share/eprints3/
 ./bin/epadmin create
 exit
 a2ensite eprints
 a2dissite 000-default
 service apache2 reload 

Keitika di bagian ./bin/epadmin create, anda akan diminta untuk melengkapi data-data yang dibutuhkan, seperti nama arsip, nama repositori, nama virtual host, username dan password database, serta yang lainnya, silahkan diisi sesuai dengan kebutuhan.


Baca juga : Cara Migrasi Eprints dari Server Lama ke Server Baru Secara Manual

Baris a2ensite eprints, adalah untuk mendaftarkan settingan virtual host eprints ke apache. Dan baris a2dissite 000-default adalah untuk mendisable settingan default apache, sehingga ketika anda mengetikan localhost di browser maka akan langsung tampil halaman eprints.


Sebenarnya pada ./bin/epadmin create kan sudah dibuatkan virtual host (berupa sebuah domain atau sub domain), namun adakalanya virtual host tersebut belum bisa langsung diakses lewat browser, sehingga kita perlu mendaftarkan alamat domainnya ke file hosts.


Caranya, silahkan buka file /etc/hosts dengan Vim atau Nano text editor, lalu tambahkan satu baris alaman virtual hostnya. Sebagai contoh, apabil alamat virtual host nya adalah eprints3.org, maka tambahkan 127.0.0.1   eprints3.org dibawah baris 127.0.0.1   localhost.


Baca juga : Cara Install PostgreSQL di Ubuntu 16.4 dan 18.4

Selesai deh instalasi Eprints nya.


Referensi: 
https://wiki.eprints.org/w/Installing_EPrints_on_Debian/Ubuntu


Installing EPrints on RHEL/Fedora/CentOS
https://wiki.eprints.org/w/Installing_EPrints_on_RHEL/Fedora/CentOS



Baca juga : Cara Install Google Chrome di Ubuntu 18.4



Topik: Eprints

Tentang Penulis

Kang Ruswan
Kang Ruswan