Rekomendasi Podcast Programmer Indonesia



Rekomendasi Podcast Programmer Indonesia

Awal saya mendengar istilah podcast yaitu dari Sekolah Koding (sekolahkoding.com), sebagian besar dari kalian yang berprofesi sebagai programmer pasti sudah pada tau lah tentang Sekolah Koding milik bang Hilman Ramadhan ini, website yang menyediakan berbagai macam tutorial pemrograman berbahasa Indonesia tersebut memang sangat-sangat keren kalau menurut saya.


Dari situ saya mulai mencari lagi podcast-podcast lain yang berhubangan dengan dunia pemrograman, meskipun engga membahas pemrograman juga tapi materi-materinya cocok diterapkan dalam dunia pemrograman.


Baca juga : Pembuatan Host to Host (H2H) untuk Pembayaran Mahasiswa Kampus UMMI Melalui BSM

Ternyata sudah cukup banyak podcast yang membahas seputar bahasa pemrograman, dan beberapa diantaranya berbahasa indonesia, karena yang membuatnya pun adalah orang indonesia. Biar lebih jelas, berikut adalah rekomendasi podcast programmer indonesia.


1. Podcast Teh atau Kopi (tehataukopi.club)

Podcast ini dibuat oleh bang Hilman Ramadhan yang merupakan pendiri sekolahkoding.com, berisi wejangan-wejangan untuk para programmer pemula hingga senior. Banyak waktu yang saya luangkan untuk mendengarkan podcast ini, terutama ketika pagi hari waktu ngerapihin kamar, hehe.

Kalau kamu termasuk penyuka kata-kata dari para motivator, nah kalau motivasi untuk programmer itu salah satunya ada disini. Sebenarnya materinya itu tidak hanya untuk programmer, tapi untuk yang berprofesi lain juga bisa.


2. Ceritanya Developer Podcast (ceritanyadeveloper.com)

Podcast ini berisi tentang wawancara dengan developer-developer keren tentang masa lalu mereka, bagaimana mereka memulai karir, komputer pertama yang mereka pake, hingga karir mereka sekarang.


Baca juga : Belajar Codeigniter dengan Praktek Langsung

Host dari ceritanya developer ini adalah Riza Fahmi, beliau adalah direktur kurikulum dan Co-Founder dari HACTIV8.


3. Podcast Developer Muslim (devmuslim.id)

Developer Muslim podcast digawangi oleh Adinda Praditya, seorang software engineer. Seperti nama podcastnya, Jurnal Seorang Developer Muslim, di setiap episode podcast ini bicara tentang seluk beluk dunia developer teknologi dan web dengan gaya yang santai dan lebih mirip dengan catatan harian.