Pembayaran UTS / UAS Kampus UMMI Kini Menggunakan Host to Host dan Virtual Account



Image from unsplash.com / Green Chameleon

Setelah sebelumnya pembayaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dan pembayaran kuliah / semesteran di kampus Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) telah menggunakan Host to Host (H2H) serta Virtual Account, kini alhamdulillah saya telah selesai membuat sistem pembayaran Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) menggunakan H2H juga, dan H2H ini masih menggunakan H2H dengan Bank Syariah Mandiri (BSM).


Pembuatan H2H untuk pembayaran UTS/UAS ini didasari oleh kebutuhan akan pentingnya sebuah sistem pembayaran yang terintegrasi, karena selama ini antara pembayaran, verifikasi pembayaran serta input data pembayaran ke Sistem Informasi Akademik dan Keuangan (SIAK) kampus UMMI masih dilakukan secara manual, alhasil setiap kali menjelang kegiatan UTS dan UAS selalu terjadi antrian mahasiswa di teller Bank Kampus dan juga di bagian keuangan fakultas. Selain itu bagian keuangan fakultas juga disibukan karena harus melayani verifikasi dan input data mahasiswa yang jumlah per fakultasnya sangatlah banyak.


Dengan adanya sistem pembayaran yang menggunakan H2H serta Virtual Account ini maka antrian mahasiswa di teller bank kampus dan di bagian keuangan fakultas juga bisa semakin berkurang bahkan bisa tidak ada, karena pembayaran UTS/UAS bisa dilakukan dari bank mana saja dan menggunakan channel bank apa saja. Selain itu bagian keuangan fakultas dan keuangan universitas juga tidak perlu lagi melakukan verifikasi dan input data pembayaran UTS/UAS mahasiswa, karena data pembayaran dari bank sudah otomatis masuk ke database SIAK kampus dan juga bisa dilihat baik oleh bagian keuangan ataupun juga oleh mahasiswa itu sendiri.


Baca juga : Nomor Handphone Dijadikan Virtual Account Bank? Beginilah Alurnya

Semoga dengan pembuatan dan pengembangan sistem pembayaran ini bisa mempermudah pekerjaan dan kegiatan semua penggunanya, aamiin.







Tentang Penulis

Kang Ruswan
Kang Ruswan