Alasan Kenapa Lulusan IT Banyak juga yang Dipekerjakan Sebagai Staff Administrasi



Kantor Bisnis Rekan, Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Di era industri 4.0 ini banyak remaja yang memutuskan untuk kuliah dibidang IT, hal ini tak lepas dari istilah "Orang IT bisa bekerja dimana saja, karena semua tempat membutuhkan orang IT".


Istilah tersebut memang benar, dan bahkan sangat benar. Kenapa? Karena memang sekarang ini hampir semua perusahaan ataupun instansi melibatkan orang IT didalamnya. Oh iya, julukan orang IT ini bukan hanya untuk yang mengerti koding ya, kalau orang awam kan semua hal termasuk benerin printer, benerin HP atau bahkan hack facebook juga pasti dilimpahin ke orang IT, wkwkwk.


Oleh sebab itu, jangan heran kalau banyak juga lulusan IT yang bekerja sebagai staff administrasi, kenapa? Karena banyak perusahaan atau instansi yang mengutamakan lulusan IT untuk menduduki posisi staf administrasi daripada lulusan dari jurusan yang lain ketika masuk tahap akhir proses recruitment.


Baca juga : Cara Daftar Google Adsense Agar Cepat Diterima Versi Sukabumi Kode

Berikut adalah beberapa alasannya.


1. Lulusan IT Pasti Sudah Tidak Asing Lagi dengan yang Namanya "Komputer", Alias Tidak Gaptek

Sekarang ini hampir semua perusahaan sudah menggunakan komputer untuk mengelola datanya, alhasil karyawan yang dipekerjakan juga haruslah orang yang sudah tidak asing lagi dengan komputer, sehingga kepala HRD sering mengutamakan calon karyawan yang merupakan lulusan IT, karena begitu melihat hasil dari tes komputer, biasanya nilai tes komputer dari lulusan IT suka lebih baik. toh mereka sudah familiar dengan komputer dan MS. Office.


2. Lulusan IT Sudah Terbiasa Mikir yang Berat-Berat dan Mempunyai Logika yang Kuat

Selain dari nilai tes komputernya yang lebih baik, pertimbangan selanjutnya adalah karena lulusan IT sudah terbiasa mikir yang berat-berat dan mempunyai logika yang kuat, bagaimana tidak mikir yang berat-berat, dengan banyaknya tugas yang membutuhkan logika dan kreatifitas tinggi mau tidak mau kalau mahasiswa IT yang bener mah pasti berusaha untuk mengerjakan tugas-tugasnya itu. Nah kebiasaan-kebiasaan tersebut akan sangat berguna ditempat kerja sungguhan.


Baca juga : Aila CBT, Aplikasi Ujian Online Berbasis Web dengan Codeigniter


3. Lulusan IT Sudah Bersahabat dengan Mbah Google

Dengan doktrin "Googling before Asking" semasa kuliah, lulusan IT diharpkan bisa mencari solusi dari permasalahan yang dihadapi seblum bertanya ke orang lain, ya salah satu cara terbaiknya adalah dengan bertanya ke Google. Kalau keseringan bertanya padahal yang ditanyakannya adalah hal yang biasa kan repot juga ke yang lainnya.



4. Lulusan IT Lebih Cepat Improvisasi

Karena sudah terbiasa dengan penggunaan komputer, biasanya lulusan IT lebih cepat mengerti terhadap apa yang harus dikerjakannya, sehingga atasan tidak perlu berulang kali menjelaskan lagi, soalnya kalau staf administrasi kan kebanyakan mengerjakan pekerjaan yang "itu-itu saja".


Baca juga : Upgrading Sistem Informasi Akademik dan Keuangan (SIAK) Kampus UMMI


5. Lulusan IT Bisa Disuruh Benerin Komputer, Printer, HP. Dll.

Alasan nomor lima ini mungkin tidak terlalu umum sih, tapi nyatanya banyak juga yang seperti ini. Mentang-mentang punya background pendidikan IT, biasanya orang tersebut sering disuruh yang engga-engga, ya seperti benerin komputer lah, benerin printer yang macet, bahkan hingga diminta untuk benerin HP pribadi, padahal kan tidak semua dokter bisa mengoperasi mata orang, saya juga kalau diminta untuk benerin printer blink malah jadi kayak orang bloon. Wkwkk


Masih ingat kan kalimat laknat yang sering mereka bilang?? 

Lu kan anak IT!

Itulah sedikit alasan mengapa banyak perusahaan atau instansi yang banyak mempekerjakan lulusan IT sebagai staff administrasi. Jadi bagi yang merasa salah jurusan ketika masuk jurusan IT gara-gara ga bisa ngoding, ga usah khawatir, toh lulusan IT bisa kerja dimana saja.






Tentang Penulis

Kang Ruswan
Kang Ruswan