Cara Install PostgreSQL di Ubuntu 16.4 dan 18.4



Install PostgreSQL di Ubuntu

PostgreSQL adalah sebuah sistem basis data yang disebarluaskan secara bebas menurut Perjanjian lisensi BSD. Peranti lunak ini merupakan salah satu basis data yang paling banyak digunakan saat ini, selain MySQL dan Oracle. PostgreSQL menyediakan fitur yang berguna untuk replikasi basis data. Fitur-fitur yang disediakan PostgreSQL antara lain DB Mirror, PGPool, Slony, PGCluster, dan lain-lain. Sumber : Wikipedia


Di tempat saya bekerja saat ini, Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), PostgreSQL digunakan sebaga database sistem utama, yaitu sistem informasi akademik dan keuangan (SIAK), dalam kurun waktu lebih dari 6 tahun alhamdulillah tidak pernah terjadi kerusakan sekali pun khusus pada engin database nya.


Di kesempatan kali ini, saya akan coba berbagi informasi mengenai cara meng-install PostgreSQL di Ubuntu dengan menggunakan Terminal, supaya bisa mengikuti tutorial ini dengan baik, sebaiknya kamu sudah terlebih dahulu mengenal penggunaan terminal dasar di Ubuntu. Kalau sudah, berarti bisa dimulai.


Pertama, silahkan update dulu sistemnya:

sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade


Kalau sudah di update dan juga di upgrade, mari kita lanjutk ke tahap installasi PostgreSQL.

Oh iya, pada tutorial ini saya akan menggunakan non-root user, alias bukan super user, jadi dalam perintah terminalnya akan selalu diawali dengan perintah sudo. 


Baca juga : Cara Daftar Google Adsense Agar Cepat Diterima Versi Sukabumi Kode

Install PostgreSQL

Kita akan menginstall PostgreSQL dari package repository resmi Ubuntu:

sudo apt-get install postgresql postgresql-contrib

Sampai situ, PostgreSQL sudah terinstall di ubuntu kita, namun masih belum bisa kita gunakan sepenuhnya karena masih ada yang perlu kita konfigurasi. Untuk memastikan PostgreSQL sudah berhasil di install, silahkan ketika psql -V di terminal, maka akan ditampilkan versi PostgreSQL yang terinstall.


Merubah Postgres User

Secara default, PostgreSQL akan otomatis membuat sebuah user untuk Linux dengan nama postgres, user ini bisa digunakan untuk mengakses database. Tapi untuk kedepannya, jangan pernah menggunakan user ini langsung di aplikasi lain yang kita gunakan semisal website, karena itu termasuk gegabah dan berbahaya untuk kemanan database. 


1. Rubahlah password user Linux postgres, ini akan digunakan untuk mengakses database
sudo passwd postgres

Silahkan masukan password untuk user postgres dan ulangi kedua kalinya.


Baca juga : Alasan Saya Menggunakan Linux dan Mengurangi Pemakaian Windows

2. Rubah password postgres untuk tugas administratif ke database, pastikan kamu menggunakan password yang kuat.
su - postgres

Lalu masukan password yang tadi kamu masukan di nomor 1.

psql -d template1 -c "ALTER USER postgres WITH PASSWORD 'passwordbarukamu';"

Sebagai catatan, user Linux digunakan untuk mengakses database, dan user PostgreSQL digunakan untuk melakukan tugas administratif pada database.


Sekian tutorial mengenai cara install PostgreSQL di Ubuntu, semoga bisa membantu dan bermanfaat. Apabila ada yang hendak didiskusikan, silahkan tuliskan di kolom komentar.


Sumber: 

https://www.linode.com/docs/databases/ postgresql/ how-to-install-postgresql-on-ubuntu-16-04/


Baca juga : Plugin Grafik Jumlah Denda Per Bulan dan Per Tahun untuk SLiMS 7 dan SLiMS 8