Cara Menghapus (Uninstall) PostgreSQL dari Ubuntu



Cara Menghapus PostgreSQL dari Ubuntu

Setelah sebelumnya saya telah menuliskan tutorial mengenai Cara Install PostgreSQL di Ubuntu, kali ini saya akan coba memberikan tutorial simpel lagi mengenai Cara Menghapus (Uninstall) PostgreSQL dari Ubuntu. Tujuannya adalah supaya teman-teman bisa dengan mudah belajar bagaimana cara menginstall PostgreSQL lalu menghapusnya kembali, sehingga teman-teman bisa mengulanginya berberapa kali sampai teman-teman mengerti tentang cara menginstall PostgreSQL di Ubuntu dan juga menghapusnya dengan mudah.


Kalau sudah mengerti caranya kan nanti begitu mengalami hal yang sama di dunia kerja, teman-teman tidak akan kesulitan lagi ketika melakukan pekerjaan ini.

Oh iya, pada tutorial ini saya memberikan contoh uninstall PostgreSQL 10.9 pada Ubuntu 18.4, tapi untuk versi PostgreSQL 9.6 dengan Ubuntu 16.4 juga masih sama prosesnya.


Untuk menghapus PostgreSQL dari Ubuntu, silahkan ikuti petunjuk dibawah ini:


Baca juga : Aila CBT, Aplikasi Ujian Online Berbasis Web dengan Codeigniter

1. Buka Terminal dan Ketikan Printan Dibawah ini

 sudo apt-get --purge remove postgresql

Perintah tersebut akan menghapus package postgresql. Namun, masih ada kemungkinan terdapat paket tambahan yang belum terhapus.


2. Cek Lagi Apakah Masih Ada Paket atau Folder Lain yang Masih Terkait dengan PostgreSQL

Untuk melihat yang lainnya, silahkan ketikan perintah ini:

 dpkg -l | grep postgres


Maka kita akan melihat paket-paket yang terkait dengan Postgres, kalau di saya kurang lebih tampilannya seperti ini:



Untuk menghapusnya, cukup gunakan perintah "apt-get --purge remove ...." diikuti nama dari setiap paket, dan dipisahkan dengan spasi, contohnya:

 sudo apt-get --purge remove postgresql-10 postgresql-client-10 postgresql-client-common postgresql-common postgresql-contrib


Sekarang PostgreSQL sudah berhasil dihapus (uninstall), untuk memastikan apakah benar-benar sudah terhapus atau belum, silahkan ketikan psql di terminal.



Sekian tutorial mengenai 
Cara Menghapus (Uninstall) PostgreSQL dari Ubuntu, jangan bosan-bosan berkunjung ke situs ini karena masih banyak topik terkait PostgreSQL lainnya yang akan saya posting.

Terimakasih.



Baca juga : Cara Transfer / Copy File ke Server atau Sebaliknya Menggunakan SSH