Meningkatkan Kapasitas Maksimum Upload File dengan .Htaccess



Image from pixababy.com

Helo gaes, apakabar semuanya? Semoga semuadanya sedang dalam keadaan sehat ya..


Kali ini saya mau menuliskan tutorial sederhana tentang cara meningkatkan kapasitas atau batasan ukuran upload file pada bahasa pemrograman PHP. Sebenarnya sudah ada ratusan ribu postingan di situs lain yang membahas hal seperti ini, tapi tidak apa-apa karena ternyata masih ada juga yang belum tahun tentang cara sederhana ini.



Baca juga : Meningkatkan Kapasitas Maksimum Upload File dengan .Htaccess

Saya pun termasuk orang yang dulu pernah kebingungan tentang bagaimana caranya meningkatkan batasan ukuran file ketika hendak di upload, dan ternyata banyak sekali cara yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan ini. Adapun cara yang paling sederhada dan paling mudah adalah dengan menggunakan .htaccess.


Selain karena penggunannya lebih muda, cara ini juga saya anggap termasuk paling aman, soalnya kalau merubah langsung konfigurasi file php.ini, maka semua website yang ada dalam server tersebut akan ikut terpengaruh, padahal yang akan kita taikan batasan ukuran uploda filenya kan hanya website tertentu saja.


Jadi, penggunaan .htaccess lebih disarankan, karena .htaccess hanya berpengaruh terhadap folder tempat .htaccess itu berada serta folder turunannya.


Baca juga : Belajar Codeigniter dengan Praktek Langsung

Oke langsung saja silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:


Buka folder utama website (yang terdapat file index.php), lalu buatlah sebuah file dengan nama .htaccess

Kalau kesulitan membuat langsung, silahkan buka text editor kesukaan masing-masing, lalu buat file baru di text editor tersebut dan simpan dengan nama .htaccess


Didalam file tersebut, isikan dua baris kode berikut:

php_value upload_max_filesize 20M
php_value post_max_size 21M

Ubahlan anga 20 dan 21 tersebut dengan ukuran yang anda inginkan, sedangkan huruf M setelah angka tersebut adalah satuan megabytes.

Supaya hasilnya lebih maksimal, sebaiknya ukuran untuk post_max_size sedikit diperbesar, sebagaimana contoh di atas.

Setelah selesai, silahkan simpan hasil perubahannya dan coba testing lewat browser untuk mengupload file dengan ukuran yang sudah disesuaikan.



Baca juga : Cara Membuat Virtual Host Apache di Ubuntu dengan Mudah

TAMBAHAN:

Untuk melihat daftar lengkap arahan PHP, silakan kunjungi http://www.php.net/manual/en/ini.list.php.

Untuk informasi lebih lanjut tentang arahan upload_max_filesize, silakan kunjungi http://www.php.net/manual/en/ini.core.php#ini.upload-max-filesize.

Untuk informasi lebih lanjut tentang arahan post_max_size, silakan kunjungi http://www.php.net/manual/en/ini.core.php#ini.post-max-size




Tentang Penulis

Kang Ruswan
Kang Ruswan