Upgrading Sistem Informasi Akademik dan Keuangan (SIAK) Kampus UMMI



Upgrading Sistem Informasi Akademik dan Keuangan (SIAK) Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)

Seiring berjalannya waktu, dari mulai pembuatan dan setup pertama sekitar tahun 2012, kini Sistem Informasi Akademik dan Keuangan (SIAK) pun beranjak menuju usia tujuah tahun. Berbagai macam pengembangan terus dilakukan dalam kurun waktu tersebut, sehingga SIAK masih sangat relevan untuk terus digunakan bahkan sudah menjadi sistem utama di kampus Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) karena hampir seluruh stakeholder yang ada di kampus UMMI berkaitan dengan SIAK.


Kendati demikian, dari awal SIAK dibuat sampai sekarang belum sekalipun di lakukan upgrade terhadap inti dari unsur pembangun SIAK itu sendiri. SIAK dibangung menggunakan bahasa pemrograman PHP versi 5.4.6 dengan memanfaatkan framework PHP paling populer saat itu yaitu Codeigniter 1.6. SIAK juga menggunakan database yang termasuk paling handal dalam menyimpan data yang besar, yaitu PostgreSQL 9.1.


Tujuh tahun bukanlah waktu sebentar bagi perkembangan teknologi, karena perkembangan teknologi itu hitungannya bisa saja adalah menit, karena dalam setiap menitnya selalu saja ada teknologi baru yang dikembangkan oleh developer dari berbagai belahan dunia ini.


Baca juga : Upgrading Sistem Informasi Akademik dan Keuangan (SIAK) Kampus UMMI

Mencermati hal tersebut, saya yang diamanati untuk mengelola dan mengembangkan SIAK berupaya untuk meng-upgdare core engine dan database SIAK UMMI ke versi terbaru, karena efektifitas penggunaan mesin yang dibuat tujuh tahun lalu tentu akan berbeda dengan mesin  yang dibuat saat ini. Sehingga SIAK UMMI juga sudah saatnya menggunakan mesin yang dibuat masa sekarang.


Beberapa kegiatan yang dilakukan untuk proses upgrade tersebut meliputi upgrade core engine, update tampilan admin, upgrade database, setup auto backup, setup database scaling, dan lain sebagainya.


1. Upgrade Core Engine SIAK dari Codeigniter 1.6 ke Codeigniter 3.10

Perubahan versi codeigniter dari 1.6 ke 3.10 sangatlah signifikan, sehingga dibutuhkan penyesuaian codingan dengan pola terbaru. Penggantian total isi folder system, folder config, dan file index.php wajib dilakukan. Selain itu, perubahan setiap nama file controller, model, dan library dan penyesuaian berbagai macam fungsi juga wajib dilakukan supaya kodingan lama bisa berjalan di codeigniter versi terbaru.


2. Update Tampilan Operator SIAK

Sebelumnya tampilan operator SIAK belum benar-benar responsive ketika dibuka di smartphone, sehingga penggunaan laptop / komputer merupakan sesuatu yang masih harus dilakukan bagi operator ketika hendak melakukan pekerjaan di SIAK. Selain itu tampilan yang tidak di update selama hampir tujuh tahun juga pasti menjadi sesuatu yang membosankan ketika harus dilihat setiap hari, dengan adanya update tampilan ini bisa membuat user dalam hal ini adalah operatot akademik dan keuangan lebih nyaman dipandang.


3. Upgrade Database SIAK dari PostgreSQL 9.1 ke PostgreSQL 10.10

Karena database atau basis data adalah inti dari tempat penyimpanan data-data SIAK, maka sudah saatnya juga database SIAK yang sebelumnya masih menggunakan PostgreSQL 9.1 di upgrade ke PostgreSQL terbaru yaitu PostgreSQL 10.10.


4. Setup VPS

VPS (Virtual Provate Setup) adalah sebuah server virtual yang saat ini marak digunakan. Karena saat ini kampus UMMI menggunakan server lokal sendiri, maka VPS digunakan sebagai server backup eksternal. Kenapa perlu server backup eksternal? Karena musibah tidak ada yang tahu kapan akan terjadi, maka untuk berjaga-jaga seandainya musibah terburuk terjadi (server lokal UMMI hancur) dibutuhkan server eksternal sebagai tempat backup data, sehingga data-data digital yang berhubungan dengan SIAK dan Website kampus UMMI tetap aman.


5. Setup backup otomatis server website UMMI dan server SIAK lokal ke VPS (meliputi database + source code)

Setelah VPS nya di setup untuk menampung data backup dari komputer lokal, maka selanjutnya adalah proses setup backup otomatis, sehingga tidak perlu lagi dilakukan backup data manual. Data-data dari sistem dan website yang ada di server lokal kampus UMMI sudah lebih dari 20GB, sehingga akan sangat merepotkan jika harus dilakukan proses backup manual dari data yang sebesar tersebut.


6. Setup database replication SIAK

Berdasarkan analisa yang kami lakukan, database replication saat ini sudah perlu diterapkan terhadap database SIAK, karena data yang masuk hampir ada setiap menitnya, sehingga ketika hanya mengandalkan backup rutinan yang dijalankan beberapa kali dalam sehari, maka akan terdapat data yang tertinggal. Dengan mengunakan database replication ini, data yang terdapat di server utama dan server cadangan (atau disebut juga server slave) akan sama persis dengan data di server utama (server master).


Sekian informasi mengenai proses upgrading Sistem Informasi Akademik dan Keuangan (SIAK) kampus Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI), semoga kegiatan yang kami lakukan ini bisa memberikan dampak baik bagi seluruh penggunanya.


Apabila mempunyai saran dan masukan, silahkan kirimkan ke email ruswan@ummi.ac.id atau sukabumikode@gmail.com



Tentang Penulis

Kang Ruswan
Kang Ruswan