Cara Belajar Linux dengan Mudah



Tampilan pencarian aplikasi di Ubuntu

Apakah kamu termasuk orang yang ingin belajar linux tapi bingung mulai dari mana? Atau kamu sudah mulai minat mempelajari sistem operasi linux tapi masih kesulitan untuk mempelajarinya? Kali ini saya ingin coba sedikit sharing tentang pengalaman saya mempelajari sistem operasi linux, dan kebetulan distro linux yang pertama saya pelajari adalah Ubuntu.


Saya sendiri sudah mulai tertarik dengan linux itu semenjak kuliah semester 3, waktu itu saya melihat kakak tingkat yang menggunakan sistem operasi linux untuk kegiatan sehari-harinya, dan kesan pertama yang ada di pikiran saya ketika melihat kakak tingkat saya itu adalah "Keren". Namun sayangnya, keinginan saya untuk mempelajari belumlah terlalu kuat, sehingga saya masih tetap melanjutkan penggunaan Windows.


Saya mulai benar-benar mempelajari linux setelah satu tahun bekerja di Kampus UMMI yaitu setelah lulus kuliah, waktu itu pikiran saya sudah cukup bulat karena saya yakit pekerjaan sehari-hari saya masih bisa dilakukan didalam linux, bahkan saya pikir memang saya lebih cocok menggunakan linux ketibang windows, soalnya kebanyakan Cpanel, VPS hinga server lokal di tempat kerja saya sendiri menggunakan linux.


Baca juga : Pembuatan Host to Host (H2H) untuk Pembayaran Mahasiswa Kampus UMMI Melalui BSM

Lalu, saya punya sedikit trik supaya bisa lebih cepat memahami linux, berikut adalah triknya:


1. Tentukan Tujuan dan Luruskan Niat

Yang pertama dan yang paling utama, kamu harus menetukan tujuan dulu, untuk apa sih belajar linux? Apakah untuk keperluan tertentu ataukah hanya sebatas iseng-iseng saja? Kalau sekiranya hanya untuk iseng-iseng saja sih nanti pun hasilnya ga akan maksimal. Setelah itu, luruskan niat, karena sebuah niat baik akan mendapatkan pahalan meskipun belum mengerjakannya, tapi kalau niatnya ga baik, mending jangan dilanjut deh.


2. Gunakan Linux Sebagai Satu-Satunya Sistem Operasi di Komputer yang Kamu Gunakan, Jangan Dual OS!

Ketika hanya ada satu pilihan, maka mau tidak mau kamu harus mengambil satu-satunya pilihan tersebut. Hal ini bisa kamu praktekan untuk sistem operasi yang kamu gunakan, kalau ingin cepat bisa linux, ya jangan menggunakan sistem operasi ganda, supaya kamu bisa fokus dan tidak kembali lagi ke sistem operasi lain yang ada di komputer kamu.


3. Biasakan Penggunaan Terminal dan Pelajari Perintah-Perintah Dasarnya

Graphical user interface atau GUI memang sangat memudahkan, tetapi ketika kamu mengerti penggunaan terminal, pekerjaan kamu bisa diselesaikan lebih cepat. Untuk itu pelajarilah perintah-perintah dasar penggunaan terminal linux supaya kamu cepat mengerti dan terbiasa, kalau perintah dasar sudah faham, lanjut ke perintah-perintah spesialnya.


Baca juga : Belajar Codeigniter dengan Praktek Langsung

4. Kalau Mendapatkan Kendala atau Punya Pertanyaan, Jangan Sungkan-Sungkan untuk Bertanya ke Google

Pernah dengan istilah PALUGADA? Apa Lu Butuh, Gua Ada!

Itulah Google, mesin pencari nomor satu yang bisa kamu tanya kapanpun dan tentang apapun, dia selalu memberikan rekomendasi yang bisa kamu pelajari. Semua perkara tentang Linux sudah banyak sekali di internet, jadi ketika kamu mendapat kendala atau mempunyai pertanyaan, tinggal tanyakan saja ke Google, pasti ada ribuat bahkan jutaan jawaban yang direkomendasikan.


Sekian sedikit sharing tentang tips belajar linux dengan mudah dan cepat bisa, semoga bisa bermanfaat. Apabila punya masukan terkait artikel ini, silahkan untuk menuliskannya di kolom komentar.




Tentang Penulis

Kang Ruswan
Kang Ruswan