Nomor Handphone Dijadikan Virtual Account Bank? Beginilah Alurnya



Bayar ke marketplace eh nomor rekeningnya ada nomor handhone sendiri

Bagi kamu yang pernah atau bahkan sering belanja online, pasti ketika checkout akan diarahkan ke halaman pilih metode pembayaran, disitu pasti banyak pilihan metode pembayaran, dan dua metode pembayarannya melibatkan bank langsung, yaitu Transfer ke Rekening Bank dan Transfer ke Virtual Account.


Untuk metode transfer ke rekening Bank mungkin sudah tidak aneh lagi, tapi untuk transfer ke virtual account masih tergolong baru, karena belum terlalu banyak perusahaan yang menggunakan metode tersebut.


Di artikel ini saya akan sedikit membahas mengenai pembayaran ke market place menggunakan virtual account yang mana nomor rekening tujuan (virtual number) adalah kombinasi angka tertentu dengan nomor handphone kita sendiri.

Mungkin ada yang bertanya, kok bisa nomor handphone dijadikan nomor rekening tujuan? Mari kita bahas bersama.


Baca juga : Apa itu Virtual Account? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, bahwa kombinasi dari virtual account tersebut adalah kode tertentu diikuti nomor handphone. Nah kode sebelum nomor handphoe tersebut adalah Kode Perubahaan sebagai identias di Bank. Sebagai contoh, ketika kita akan melakukan pembayaran ke Bukalapak menggunakan virtual account BCA dan nomor handphone kita adalah 0816742469, maka virtual account nya adalah 800080816742469. 80008 adalah kode perusahaan Bukalapak di Bank, dan 0816742469 adalah nomor handphone kita yang digunakan sebagai virtual number dan berfungsi untuk membedakan akun kita dengan akun lain di Bukalapak.


Lalu secara teknis, bagaimanakan proses pembayaran yang ditujukan ke virtual account bisa langsung masuk ke Bukalapak?


Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya akan mengambil contoh pembayaran ke Bukalapak menggunakan Virtual Account BCA.


Jadi begini, pertama kita melakukan checkout di Bukalapak, lalu memilih metode pembayaran virtual account, setelah itu detail tagihan dan nomor virtual account akan ditampilkan supaya kita mudah ketika melakukan pembayaran.


Kedua, kita melakukan transfer ke virtual account tersebut, nah sebelum kita melakukan transfer pasti terdapat knfirmasi detail pembayaran dulu, sebenarnya di balik layar terdapat sebuat proses pengecekan tagihan dari Bank ke server Bukalapak dengan alur kurang lebih seperti ini.


Baca juga : Panduan Pembayaran UAS Kampus UMMI dengan Virtual Account BSM lewat ATM BNI

  • Sewaktu kita memasukan nomor rekening tujuan berupa virtual account, Bank akan mengecek kode perusahaan manakah yang terdapat dalam virtual account tersebut, dalam hal ini nomor virtual accountnya adalah 800080816742469, sehingga kode perusahaan yang didapatkan adalah 80008  (Bukalapak).
  • Setelah Bank mengetahui perusahaan mana yang dituju, lalau dilakukan pengecekan tagihan dengan menggunakan virtual number yaitu 0816742469.
  • Kalau tagihan ditemukan, server Bukalapak akan mengirimkan respon yang kemudian oleh bank ditampilkan kembali ke pengguna baik lewat mesin ATM, mobile banking ataupun channel yang lainnya untuk selanjutnya pengguna melakukan konfirmasi.
  • Seandainya pengguna melakukan konfirmasi, maka proses seperti tahapan pengecekan tagihan akan diulang kembali, hanya saja ini bentuknya pembayaran bukan pengecekan tagihan.
  • Setelah itu selesai deh, uang terkirim dan tagihan di Bukalapak sudah berstatus terbayar.

Jadi begitulan sedikit penjelasan mengenai nomor hadphone kita yang digunakan sebagai nomor rekening virtual account, apabila ada yang mau ditanyakan atau didiskusikan, silahkan menuliskannya di kolom komentar.


Terimakasih sudah membaca artikel ini.




Tentang Penulis

Kang Ruswan
Kang Ruswan