Bukan Hanya Adsense, Inilah Manfaat Lain yang Bisa Didapatkan oleh Seorang Blogger



Kalau punya hobi nge-blog tuh enak loh, banyak manfaatnya. Img from pixabay/DarkWorkX

Masih ingat waktu SMA dulu lihat teman nunjukin blognya, kesan pertama yang saya rasakan waktu itu adalah "WaW", dan saya merasa kagum terhadap orang yang punya blog tersebut. Dari situ saya juga mulai tuh coba bikin blog, karena dibenak saya kalau punya blog pribadi itu jadi tambah "keren", wkwk.


Lalu ketika masuk kuliah, saya mulai tahu kalau ternyata banyak orang yang nge-blog terus mereka dapat uang yang lumayan gede, kalau tahu yang seperti itu dan kita sendiri pernah nge-blog pasti pengen lah ngerasain hal yang sama. Tapi nasib berkata lain, ternyata buat ngedapetin uang dari blog itu tidak semudah nyuci piring di warung makan, akhirnya obsesi saya buat ngedapetin uang dari AdSense itu perlahan menurun, dan saya kembali ke khitah menjadi seorang blogger biasa yang pokus pada konten.


Setelah itu saya mulai sadar, ternyata bukan hanya AdSense yang bisa kita dapatkan ketika menjadi seorang blogger, tapi masih banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dengan nilai yang menurut saya sendiri lebih tinggi. Lalu apakah manfaat lain yang bisa didapatkan oleh seorang blogger itu? Berikut adalah beberapa manfaat yang pernah saya alami sendiri:


Baca juga : Backup Otomatis PostgreSQL di Linux

1. Meluapkan Isi Hati pada Sebuah Hobi

Karena nge-blog itu adalah sebuah hobi, jadi tidak semua orang akan suka dengan dunia blogger. Tapi bagi yang mempunyai hobi menulis atau nge-blog, nulis di blog itu bisa bikin hati kita lega loh. Meski tanpa ada iming-iming akan dapat sesuatu juga tetap saja kalau sudah hobi pasti dilakuin, karena itu bisa bikin hati dan pikiran kita lega.


2. Berbagi Wawasan

Ada banyak cara untuk berbagi, salah satunya adalah dengan berbagi wawasan dan pengalaman. Nah dengan menjadi blogger ini kita bisa berbagi wawasan dan pengalaman kita kepada orang lain. Kalaupun tidak jadi pundi adsense, tapi bisa juga jadi pundi amal ibadah, selama niat kita baik.


3. Menaikan Citra Diri (Personal Branding)

Dengan kita konsisten menulis di blog dan konten yang kita tulis termasuk konten berkualitas, itu bisa menarik orang lain untuk turut membaca tulisan kita, dari situ kita bisa dikenal oleh orang lain, dan kalau konten yang kita tulis adalah konten positif, otomatis akan menjadi salah satu wadah personal branding kita. 


Baca juga : Cara Daftar Google Adsense Agar Cepat Diterima Versi Sukabumi Kode

4. Dikenal oleh Orang Lain

Selain citra diri yang bisa ikut naik, kita juga bisa dikenal oleh orang banyak. Konsepnya semakin tulisan kita berkualitas dan berada dihalaman pertama pencarian Google, semakin banyak juga orang yang berkunjung ke blog kita, sehingga semakin banyak juga orang mengetahui blog kita dan melihat siapa penulisnya. Jadi pastikan nama dan foto kamu terpampang dengan jelas ya di blognya. :D


5. Menambah Relasi

Ini manfaat yang paling saya rasakan ketika menjadi seorang blogger, saya mulai mengenal orang lain dan juga dikenal orang lain. Di setiap kota pasti ada saja yang namanya "Komunitas Blogger", dari situ kita bisa mendapatkan relasi yang jauh lebih luas. Kita bisa diundang untuk meliput kegiatan-kegiata baik di dalam ataupun di luar kota, kita juga bisa "PDKT" terhadap orang-orang yang mempunyai hobi berkomunitas, termasuk komunitas apapun itu, karena kita bisa meliput komunitasnya dan memasukannya ke blog kita. Yang pasti, relasi ini sangat-sangat berhagra.


6. Menambah Rezeki

Setelah kita dikenal dan mempunyai relasi yang banyak, kemungkinan pintu rezeki juga akan semakin terlebar. Kita bisa saja diajak kerja sama dalam bidang tertentu yang mana kita expert didalamnya, atau kalau kita punya usaha / bisnis bisa juga dari relasi tersebut mendatangkan penghasilan lebih buat kita.


Jadi intinya, banyak manfaat lain yang bisa didapatkan ketika menjadi seorang blogger, dan itu bukan hanya dari AdSense, karena bagi saya sendiri AdSense itu ibaratnya hadiah tambahan lah. 

Kalau kamu mau mulai nge-blog tapi langsung pengen dapet penghasilan dari AdSense, mending ga usah dilanjut lah, cari aja alternatif lain, karena kalau tujuan utamanya adalah AdSense, dijamin 90% pasti gagal ditengah jalan.


Baca juga : Yang Lain Minta Bantuan Orang IT, Orang IT Minta Bantuan Siapa?




Topik: Blogger

Tentang Penulis

Kang Ruswan
Kang Ruswan