Memantau Mahasiswa yang Sedang Mengambil KRS Online Ternyata Seru Juga



Screenshoot google analytics SIAK UMMI

Saat ini minggu ketiga bulan Februari 2019, di tempat nongkrong saya yaitu kampus Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) sedang dalam masa pengambilan KRS online oleh mahasiswa. Pengisian KRS tidak dilakukan manual lagi, karena sejak tahun 2013 kampus UMMI telah menggunakan Sistem Informasi Akademik (SIAK) yang bisa diakses dari mana saja selama ada device dan koneksi internet.


Waktu KRS-an termasuk waktu yang membuat trafic server sedikit naik, karena frekuensi user online setiap menitnya cukup lumayan, dengan jumlah mahasiswa lebih dari 3500 orang sertia sekitar 300 dosen/staff akademik & keuangan, maka jumlah user online rata-rata yaitu antara 70 sampai dengan 350 user online.


Saya suka membayangkan bagaimana serunya memantau sistem yang jumlah pengunjung onlinenya sudah ribuan atau bahkan ratusan ribu, karena melihat jumlah user online sebanyak 300 saja ternyata sudah seru, maklum lah karena sampai saat ini saya belum pernah mengelola sistem besar selain sistem informasi akademik seperti ini.


Baca juga : Pembuatan Kartu Ujian Online Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI)

Sebagai informasi, untuk sistem informasi akademik seperti ini paling banyak diakses ketika jam 9 pagi hingga jam 12 siang, selain itu antara jam 1 sampai jam 5 sore. Lalu entah apa yang mereka kerjakan karena saya sendiri sedang tidur, antara jam 11 hingga jam 3 pagi juga ternyata masih ada saja user yang online, jadi sistem ini hampir tidak pernah kosong dari pengunjung.


Itulah sedikit pengalaman keseruan saya ketika memantau mahasiswa yang sedang mengakses Sistem Inforamasi Akademik, meski jumlah user onlinenya belum terlalu banyak, tapi seru juga.

Salam



Topik: KRS Online

Tentang Penulis

Kang Ruswan
Kang Ruswan