Backup Otomatis Database Setiap Dua Jam, Membuat Hidup Lebih Tentram



Backup Otomatis Database PostgreSQL

Karena data adalah salah satu yang paling utama, maka data tersebut harus benar-benar dijaga keamanannya.

Kali ini saya mau sedikit berbagi pengalaman mengelola sistem informasi beserta databasenya yang mana masih menggunakan insftastruktur sedikit "tradisional", karena belum menggunakan sistem cloud atau serverless yang sekarang mulai marak digunakan. Jadi sistem yang saya kelola ini masih menggunakan komputer server yang disambungkan dengan IP public. Sistem operasi yang digunakan saat ini adalah Ubuntu Server 18.04, dan databasenya adalah PostgreSQL 10.10.


Dengan banyaknya data yang disimpan di database, tentunya proses backup adalah sebuah kewajiban. meskipun mau banyak ataupun sedikit tetap saja proses backup itu wajib dilakukan, Hehe.

Sebelumnya saya baru menerapkan proses auto backup sebanyak dua kali sehari, namun setelah dikaji ualng, nampaknya itu belum cukup, dan akhirnya saya putuskan untuk melakukan proses backup setiap dua jam sekali, jadi dalam satu hari berarti terdapat 12 kali proses backup.


Apakah itu tidak keseringan? Tidak juga, karena data sangatlah penting.
Kenapa tidak setiap jam? Karena berdasarkan hasil analisa kami, waktu yang ideal backup otomatis masih di angka dua jam sekali.
Apakah tidak memberatkan server? Tentu tidak, karena hal tersebut sudah kami antisipasi.


Baca juga : Cara Backup Database PostgreSQL di Ubuntu Melalui Command Line

Dengan menerapkan proses autobackup setiap dua jam ini membuat saya pribadi sebagai penanggung jawab keamanan dan keberlangsungan datanya merasa lebih aman, nyaman dan tentram. Bagi teman-teman yang mengeloa data seperti ini dengan arsitektur server seperti ini juga sebaiknya minimal menerapkan hal yang sama.


Untuk proses backup otomatis pada database PostgreSQL di Ubuntu Server sendiri bisa dengan cara seperti ini:


1. Buat folder untuk menyimpan hasil backup

Sebagai contoh, saya akan membuat folder di directory utama dengan nama backup

 sudo mkdir backup

Lalu ganti owner dari folder backup menjadi milik postgres

 sudo chown -R postgres:postgres backup

2. Buat Crontab baru pada Cron untuk menjalankan proses auto backup

Oh iya, Cron merupakan sebuah program atau daemon dan Crontab adalah nama untuk daftar job-job yang akan di jalankan oleh cron. Untuk membuat daftar penjadwalan baru, silahkan ketikan perintah berikut di terminal sebagai super user (sudo) :

 crontab -e

Lalu di baris paling bawah tambahkan perintah berikut:

 * */2 * * * sudo su postgres -c 'pg_dump -Fc -f /backup/database`date +"-\%Y-\%m-\%d\%H"`.sql nama_database'

Ganti nama_database dengan database yang akan anda backup. Lalu untuk menyimannya tekan Ctrl+x secara beramaan, setelah itu tekan huruf Y lalu tekan Enter.


Baca juga : Backup Otomatis PostgreSQL di Linux

Maksud dari bagian  * */2 * * *  yaitu perintah: sudo su postgres -c 'pg_dump -Fc -f /backup/database`date +"-\%Y-\%m-\%d\%H"`.sql nama_database' akan dieksekusi setiap dua jam sekali. 


Sekian informasi mengenai proses backup otomatis database Postgres yang dilakukan setiap dua jam sekali, semoga bermanfaat.
Apabila ada yang keliru dan perlu diperbaiki dari artikel ini, silahkan tuliskan di kolom komentar.

Salam




Tentang Penulis

Kang Ruswan
Kang Ruswan