Inilah Kelebihan dan Kekurangan Provider by.U yang Saya Rasakan



by.U - Provider serba digital pertama di Indonesia

Beberapa waktu lalu ketika saya menemani istri ke Citymall Sukabumi, saya sempat melihat stand bertuliskan by.U, sambil lewat saya sedikit memfokuskan mata pada slogan yang tertera di stand tersebut, salah satu slogannya adalah "Provider serba digital pertama di Indonesia".


Membaca kata "provider" pikiran saya langsung menterjemahkan bahwa ini ga begitu penting buat saya, toh sudah banyak provider aja buktinya masih seperti ini ini saja. Tapi ketika membaca bagian "serba digital pertama di Indonesia", mulailah pikiran saya bertanya, maksudnya bagaimana sih serba digital itu?


Setelah itu karena istri mulai mencari yang ia inginkan, sedangkan saya pun ikut melihat apakah bagus atau tidak (untuk isi dompet saya, wkwk) akhirnya pikiran terkait stand tersebut hilanglah dari pikiran saya, dan semua berjalan begitu saja.


Sesampainya di rumah, saya mulai teringat kembali terhadap stand yadi, maksudnya apa sih provider serba digital itu? Lalu mulai deh saya cari informasinya di Goolge, dan seperti inilah kurang lebih hasil dari pencarian Google yang menempatkan iklan provider by.U di urutan paling atas.



Setelah saya klik link website by.U tersebut, lalu saya membaca tulisan "by Telkomsel", what? Ini dari telkomsel ternyata. Hmm dari situ saya mulai bertanya kembali, ngapain telkomsen bikin provider baru? Kan sudah ada yang lama.


Lalu saya baca-baca lagi informasi yang terdapat di website tersebut, sehingga saya mendapatkan jawabannya, bahwa by.U ini berbeda dari provider-provider lain, bahwa semua transaksi yang dilakukan di by.U ini serba digital, mulai dari cara beli kartu perdananya, beli kuota, beli pulsa, hingga ada istilah baru yaitu beli topping.

Apa itu toping? Kayak beli makanan aja ada topingnya, ternyata topping itu maksudnya adalah kuota internet khusus untuk aplikasi, seperti untuk Instagram, Youtube, Whatsapp, Line, dan lain sebagainya.




Oke saya mulai tertarik dengan aplikasi ini, dan saya pun mengklik button install yang menggantung di paling bawah halaman. Setelah itu diarahkan ke Playstore berhubung yang saya gunakan adalah android. Tanpa pikir panjang sayapun menginstall aplikasi tersebut. Karena user interface dan user experience-nya memang sudah enak, maka saya pun mengikuti langkah demi langkah di aplikasinya.


Hingga akhirnya saya berhasil mendaftar akun by.U dan melakukan pembelian kuota 10 GB dengan harga 50.000,-. Ternyata kartunya itu dikirim via JNE berhubung lokasi saya tidak mendukung pengiriman Go-Send. Oke lah tidak masalah, toh saya juga awalnya memang hanya mau mencoba, soalnya di smartphone saya juga sudah ada dua jenis provider yang berbeda.


Kalau ingin lebih tahu mengenai cara pembelian paket dan lain sebagainya, silahkan baca artikel Fitur Bikin Paket Internt di Aplikasi by.U


Singkat cerita,artu pun sudah sampai dan sudah saya lakukan aktifasi. Lalu setelah sekitar dua minggu menggunakan by.U, saya mendapatkan plus minus dari provider baru ini. Sebelum lanjut, bagi yang belum tahu cara registrasi dan aktivasi by.U, silahkan buka panduan Cara Registrasi dan Aktivasi SIM card by.U


Kelebihan Provider by.U


Yang saya alami, terdapat berbagai macam kelebihan provider by.U, diantaranya adalah sebagai berikut.


1. Kartu Perdana Gratis dan Dikirim ke Rumah secara Gratis

Awalnya saya sedikit bingung, ini beneran gratis gitu? Lalu ongkirnya siapa yang bayar? Eh ternyata benar, kartu perdananya itu gratis dan ongkos kirimnya pun gratis (se-pulau jawa). Dan yang kita bayar di awal itu hanyalah kuota internetnya, jadi begitu kartu sampai di rumah, lalu kita aktivasi kartunya, otomatis paket internet yang kita beli sewaktu pembelian kartu pun langsung aktif, sehingga kartu perdana dan ongkos kirimnya jadi 100% gratis.


2. Kuota Utuh Gak Dibagi-bagi


Yang saya rasakan bahwa by.U itu keren yaitu kuotanya utuh 100% bisa digunakan untuk apapun, selama ini kan yang kita tahu dari kebanyakan provider yang ada, kalaupun ada kuota yang terbilang murah, pasti dibagi-bagi, ada yang sebagian siang sebagian malam, ada yang sebagian 4G sebagian semua jenis jaringan, ada yang sebagian kuota utama sebagian kuota aplikasi, dan lain sebagainya. Nah di bu.U ini beda, kalau kita belu kuota 5GB, maka sepenuhnya adalah kuota yang bisa digunakan untuk kebutuhan apapun. Keren kan.


3. Pilih Toping Sesuai Kebutuhan




Seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa di by.U ini ada istilah toping, yaitu paket internet untuk apliaksi tertentu, nah kita bisa membeli topingnya sesuai kebutuhan, kalau kebutuhan kita misalkan sebagian besar adalah menonton youtube, maka kita bisa beli toping youtube, kalau misalkan kebutuhan kita lebih banyak di WhatsApp,, maka kita bisa hanya membeli paket WhatsApp, dan semua toping tersebut harganya termasuk murah, cek langsung saja deh kalo ga percaya.


4. Jaringan Internet yang Hampir Merata

You know sendiri lah gimana jaringan telkomsel, dibawa ke daerah luar pun jaringannya masih ada, apalagi di perkotaan. Jadi sudah pasti dong jaringan by.U pun demikian. Jadi ga usah khawatir ketemu banyak blank spot.


5. Bebas SMS Spam Mamah Minta Pulsa atau Penutupan KTA

Pengguna salah satu provider dengan jumlah user terbanyak pasti tahu lah kalau hampir setiap hari selalu ada SMS spam yang menawarkan berbagai macam jasa "sampah", kenapa saya sebut sampah? Ya karena cara mereka promosi pun dengan menyebar SMS sampah. Nah di by.U sampai saat ini ga ada tuh SMS spam seperti itu, kenapa? karena yang pake nya belum banyak, wkwkwk.


6. Bisa Bayar dengan Empat Dompet Digital Terbesar di Indonesia




Meskipun ini produk telkomsel dan telkomsel mempunyai dompet digital yaitu LinkAJa, tetapi by.U ini menerima pembayaran dari dompet digital lainnya seperti Gopay, DANA dan OVO. Bahkan bisa transfer menggunakan BCA Virtual Account, jadi semuanya chashless.



Kekurangan Provider by.U

Dimana ada Rama disitu ada Sinta, eh salah. Dimana ada kelebihan, pasti juga ada kekurangannya. Untuk provider by.U sendiri ada poin yang mungkin bisa disebut kekurangan. Berikut diantaranya.


1. Kurir yang Sulit Sampai ke Pelosok

Entah ini bisa disebut kekurangan entah tidak, tapi yang pasti, ketika saya hendak merekomendasikan orang tua supaya menggunakan provider by.U, kurirnya yang dalam hal ini adalah JNE belum mendukung pengiriman ke lokasi orang tua saya yang letaknya di Cianjur selatan.


2. Tidak Bisa Beli Nomor Cantik

Bagi saya sendiri, nomor itu ibarat sebuah identitas dan branding, seandainya bisa, saya lebih memilih membeli dengan harga yang sedikit malah demi mendapatkan nomor cantik. Tapi di aplikasi by.U tidak bisa seperti itu, nomor ditampilkan secara acak dengan 5 pilihan yang berbeda, dan apabilan ingin mendapatkan pilihan lain, maka harus menunggu lagi selama lima menit, dan begitu seterusnya.

 

Sekian sedikit pengalaman saya mengguanakn provider by.U, dengan yang sudah saya rasakan selama beberapa minggu ini, nampaknya saya akan lanjut menggunakan by.U sebagai provider utama yang saya gunakan untuk internetan.



semoga bisa memberikan manfaat, apabila terdapat kekeliruan di artikel ini, silahkan sampaikan di kolom komentar. Dan apabila hendak mendownload aplikasi by.U, bisa langsung klik tombol dibawah ini. Salam


Download






Tentang Penulis

Kang Ruswan
Kang Ruswan