Kopdar Santai Bareng Komunitas Blogger Sukabumi (BumiBlogger)



Komunitas Blogger Sukabumi

Dunia blogger memang tak seramai dulu lagi, semakin banyaknya media online resmi memang cukup mematikan semangat sebagian besar para blogger. Bagaimana tidak, karena kata kunci yang dulu bisa diandalkan oleh para blogger sekarang hampir 85% nya sudah dikuasai media-media online mainstream (survey perkiraan, wkwwk). Meskipun demikian, bukan berarti dunia blogger sudah habis masanya, buktinya saya sendiri dan teman-teman lain disini masih tetap menjadi seorang blogger, tentunya dengan niat masing-masing.


Hari senin kemarin (03/03/2020) setelah sekian lama tidak ada kopdar blogger yang saya ikuti, akhirnya teman-teman sesama blogger di grup WhatsApp Blogger Sukabumi mengajak untuk kopi darat, tentunya dengan inisiasi dari salah satu sesepuh blogger sukabumi yang sekarang masih aktif di komunitas, yaitu Kang Gery.


Lokasi kopdar kemarin kebetulan sangat dekat dengan kantor tempat saya bekerja, paling sekita 550 meter, jadi tidak sulit bagi saya untuk menjangkaunya (meskipun lagi jam kerja, jadi bisa izin sebentar).


Baca juga : Backup Otomatis PostgreSQL di Linux



Kopdar kali ini sebenarnya diawali oleh adanya kegiatan job review yaitu user experience terhadap salah satu provider baru, jadi provider tersebut di daerah Sukabumi melibatkan para blogger untuk mencoba langsung dan nantinya bisa mereview hasil dari penjelajahan produk tersebut di blogger masing-masing.


Dari sekitar 20 blogger yang terlibat dalam kegiatan product experience ini, ternyata ada beberapa yang mendapatkan kendala di awal, nah dalam kopdar kali ini salah satunya membahas kendala tersebut. Selain itu saya sendiri juga bisa bertemu langsung dengan beberapa blogger yang sebelumnya hanya sempat chat di WA Grup, alhamdulillah jadi bisa nambah jejaring.


Baca juga : Bukan Hanya Adsense, Inilah Manfaat Lain yang Bisa Didapatkan oleh Seorang Blogger

Karena blogger itu adalah sebuah hobi, jadi  siapa saja yang berminat dengan bidang tersebut bisa mencobanya, waktu kopdar kemarin juga meski tidak terlalu banyak yang bisa ikut berhubung hari dan jam kerja, tapi yg hadir dari berbagai latar belakang, ada yang memang bekerja di dunia IT, photografer, ibu rumah tangga, content creator, hingga yang bekerja di rumah sakit. Ya memang beigitulah, hobi memang tidak berkaitan dengan provesi dan latar belakang, dan hobi hanya bisa dinikmati oleh orang yang memang mempunyai hobi tersebut.


Saya sendiri nge-blog karena saya suka, dan kalau sudah selesai mempublish sebuah artikel meskipun itu termasuk unfaedah artikel, tetap saja membuat pikiran menjadi terasa lebih lega. Jadi kalau ada kopdar seperti ini bisa membantu semangat saya untuk semakin naik lagi.


Mungkin untuk curhatan kali ini cukup sekian, pokoknya bagi yang punya hobi positif teruslah lanjutkan, nanti juga kalau serius menekuni hobinya pasti ada ada hasil yang baik.


Salam blogger!


Baca juga : Menemani Om Peter Jack Kambey Jalan-Jalan di Situ Gunung Suspension Bridge



Tentang Penulis

Kang Ruswan
Kang Ruswan